FUNGSI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

Didalam kehidupan sehari - hari kita sering menemukan sebuah keluarga yang memiliki seorang ayah berprofesi sebagai pelukis, salah satu buah hatinya juga memiliki bakat tersebut. Seorang pemusik memiliki anak yang pandai memainkan alat musik, dan masih banyak lagi. Namun tidak jarang juga kita temukan bahwa seorang ayah atau ibu yang memiliki bakat melukis namun tidak satu pun anaknya memiliki bakat serupa, namun anak tersebut memiliki sebuah bakat luar biasa lainnya pula.


Pada postingan kali ini, saya akan menyajikan Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia, sebagai berikut :
FUNGSI :
Otak Kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Otak Kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali Intelligence Quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek. 

Otak kanan maupun otak kiri mempunyai fungsi yang berbeda - beda. Namun para ahli berpendapat, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Para pengguna otak kiri pada umumnya lebih kuat dalam bidang matematika, begitu juga sebaliknya.

CARA MENGETAHUI :
Salah satu cara termudah untuk mengetahui seseorang menggunakan sisi otak bagian mana yang lebih dominan yaitu dengan cara melihat dari penampilan meja kerjanya. Bila seseorang dominan menggunakan otak kanan, ciri meja kerjanya cenderung berantakan. Meski begitu dia mengetahui dengan pasti di mana letak barang - barang yang dicari serta apa yang saat itu sedang ia kerjakan. Hal ini terjadi disebabkan mereka yang lebih banyak menggunakan otak kanan proses berpikirnya bercabang - cabang, sedangkan pengguna otak kiri cara berpikirnya pasti dan penuh pertimbangan. Namun jangan heran jika melihat orang yang berpenampilan berantakan namun memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang jauh lebih dari orang - orang yang ada disekitarnya, berarti orang tersebut senantiasa memadukan kerja kedua otaknya, sepertinya golongan ini merupakan ciri - ciri orang jenius.

Cara lainnya adalah seseorang lebih cenderung ketika berpikir arah melihatnya berputar searah jarum jam, hal ini menunjukkan orang tersebut lebih banyak menggunakan otak kanannya mengingat sesuatu, begitu juga sebaliknya.

TES KERJA OTAK :
Perhatikan tulisan - tulisan di bawah ini, cobalah tes dengan cara mengucapkan sesuai tulisannya, bukan berdsarkan warnanya. Coba kamu praktekkan, pasti kamu akan terganggu oleh konflik otak kiri dan otak kananmu. Pada tes ini kamu harus berusaha menguasai kerja otak kirimu.


BONUS :



DAN YANG MENGANDALKAN OTAK KIRI DAN OTAK KANANNYA ADALAH :

WILLIAM JAMES SIDIS
(1898 - 1944)
Semoga Bermanfaat...
sumber : Mind Maple dan aLee'c

Diposting Oleh : Ismadi Putra

Ismadi Putra Anda sedang membaca artikel tentang FUNGSI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi.

:: Get this widget ! ::

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan tidak mengandung spam.
Beritahukan kepada saya, jika terdapat LINK yang rusak dan TIDAK BERFUNGSI.

Temukan Saya di Facebook

Temukan Saya di Youtube

Popular Posts

Visitor Comments

Dapatkan comment widget ini di sini

Recent Posts