KEGIATAN PERKEMAHAN PRAMUKA

Berkemah adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk Pramuka yang memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.

Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan serta membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

Keberadaan Gerakan Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tanjungbalai merupakan suatu gerakan kepemudaan yang diproyeksikan untuk membentuk mental pemuda menjadi sosok yang mandiri sesuai dengan tingkat umur dan kecakapan yang telah ditempuhnya.

Salah satu kegiatan yang merupakan kegiatan besar kepramukaan adalah berkemah, entah itu persami, kemah bhakti, ataupun kemah lainnya. Pada umumnya perkemahan diadakan sebagai penutupan kegiatan selama satu tahun, atau rutinitas lainnya. Materinya pun disesuaikan dengan tingkat kompetensi yang perlu dikuasai. Biasanya merupakan penilaian dari kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun berjalan.

Dibawah kepemimpinan Ibu Nurbaiti MY, S.Ag akhirnya dibentuklah Pramuka di madrasah ini. Pada tanggal 15 - 16 Desember 2012, madrasah kami mengadakan perkemahan yang diikuti oleh 20 orang siswa. Ini merupakan pertama kalinya kami mengadakan kegiatan Pramuka semenjak 15 tahun madrasah ini berdiri, sekaligus acara ini merupakan pembukaan rangkaian kegiatan Pramuka yang akan segera di agendakan. Banyak manfaat yang dapat dimaknai dari kegiatan perkemahan ini, diantaranya :
- Melatih kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, empati, dan disiplin.
- Berani dipimpin dan memimpin.
- Membiasakan diri mendahulukan kepentingan bersama dari pada individu.
- Melatih mengendalikan emosi, karena semua capek, lapar dan ngantuk.
- Melatih diri menahan hawa sombong, congkak, iri, dan pamer.
- Latihan hidup dalam kesederhanaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada acara pembukaan yang berlangsung pukul 16.00 WIB, Ibu Nurbaiti mengemukakan, dibentuknya Gerakan Pramuka ini diharapkan mampu membawa peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup menghadapi tantangan dimasa depan.

Pemerintah telah mengupayakan secara maksimal untuk pengembangan potensi tenaga pendidik dan peserta didik baik akademik maupun non akademi, terutama dibidang potensi non akademik siswa, dengan tetap menjadikan kegiatan kepramukaan menjadi perioritas untuk membentuk kepribadian siswa.

Berikut dokumentasi kegiatannya :
Upacara Pembukaan
Penyematan Bunga
Pembuatan Kemah
Makan Malam Bersama
Persiapan Menjelang Upacara
Gladi Bersih Acara Api Unggun
Atraksi Api Unggun
Obrolan Menjelang Tidur

Diposting Oleh : Ismadi Putra

Ismadi Putra Anda sedang membaca artikel tentang KEGIATAN PERKEMAHAN PRAMUKA. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi.

:: Get this widget ! ::

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan tidak mengandung spam.
Beritahukan kepada saya, jika terdapat LINK yang rusak dan TIDAK BERFUNGSI.

Temukan Saya di Facebook

Temukan Saya di Youtube

Popular Posts

Visitor Comments

Dapatkan comment widget ini di sini

Recent Posts