Workshop Pengelolaan EMIS Sumatera Utara

Education Management Information System atau biasa yang lebih dikenal dengan singkatan EMIS adalah sebuah program yang diawali dari proyek ADB yaitu JSEP-ADB loan thn 1994-1998. Kemudian berlanjut tahun 1998 menjadi BEP-DMAP. Sejak tahun 2001, EMIS masuk ke dalam Struktur Ditjen Bagais dan sekarang merupakan bagian dari Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam khususnya Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi pada Subbag Sistem Informasi.

Nama EMIS berasal dari salah satu proyek Pinjaman Luar Negeri - JSEP, kemudian BEP dan selanjutnya agar ada kesinambungan, sejak tahun anggaran 2001 EMIS berada dibawah Bagian Proyek "Pengembangan EMIS Perguruan Agama Islam Tingkat Dasar" didanai oleh APBN. Pada awalnya EMIS hanya mendata Madrasah Tsanawiyah Model yang menjadi sasaran JSEP (1997-1998). Pada proyek BEP pendataan dilanjutkan untuk Madrasah Ibtidaiyah, dan Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta diseluruh Indonesia (1998- April 2002), bahkan terus berkembang hingga pendataan Perguruan Tinggi Agama Islam, Guru Agama Islam pada sekolah umum, lembaga-lembaga pendidikan Islam lainnya, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam non formal, TPA/TKA. Beberapa jenis lembaga yang terakhir disebutkan masih dalam taraf proses dan rencana pengembangan pada tahun-tahun mendatang.

Pada tanggal 09 Mei 2014 - 12 Mei 2014 Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sumatera Utara mengadakan acara Workshop Pengelolaan EMIS Pendidikan Madrasah Se-Sumatera Utara bertempat di Inna Dharma Deli Hotel Medan Jl.Balai Kota No.2 Medan. Kegiatan ini berlangsung dengan dihadiri oleh 256 peserta yang berasal dari Kasi Pendidikan Madrasah 33 Kab/Kota, Kepala Madrasah Negeri MI, MTs dan MA beserta Operator masing - masingnya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Kepala Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sumatera Utara Drs.H.Abd.Rahim,M.Hum didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Drs.H.Tohar Bayoangin,M.Ag, Kasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dra.Hj.Halimatussa’diyah,MA, Kasi Sarana dan Prasarana Drs.Khoirul Amani,MA dan Kasi Kesiswaan DR.Azizah Hanim,M.Ed,M.Hum. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Kakanwil menyampaikan agar kiranya Kementerian Agama dapat bersama - sama meningkatkan kwalitas sistem pendataan pendidikan demi mewujudkan data EMIS yang akurat, terpercaya dan tepat waktu serta mampu menjadi penguat tenaga pengolah data guna mendukung kebijakan pendidikan madrasah yang bermutu.

Turut hadir pula pada saat itu Mas Bagus yang selaku Penanggungjawab penuh EMIS ditingkat Pusat. Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para operator dapat bertemu langsung dengan beliau, yang selama ini hanya dapat berkomunikasi lewat akun facebook EMIS TEAM. Berikut dokumentasi dari kegiatan tersebut.





Diposting Oleh : Ismadi Putra

Ismadi Putra Anda sedang membaca artikel tentang Workshop Pengelolaan EMIS Sumatera Utara. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi.

:: Get this widget ! ::

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan tidak mengandung spam.
Beritahukan kepada saya, jika terdapat LINK yang rusak dan TIDAK BERFUNGSI.

Temukan Saya di Facebook

Temukan Saya di Youtube

Popular Posts

Visitor Comments

Dapatkan comment widget ini di sini

Recent Posts