Menaruh Harapan Besar Pada Kurikulum 2013

Berdasarkan Penelitian yang dilakukan Education For All Global Monitoring Report 2012 yang dikeluarkan oleh UNESCO setiap tahunnya, kualitas pendidikan di Indonesia berada di peringkat ke-64 untuk pendidikan di seluruh dunia diukur dari 120 negara. Sedangkan Data Education Development Index (EDI) Indonesia, pada 2011 Indonesia berada di peringkat ke-69 dari 127 negara.

Pemerintah terus berupaya mendongkrak sistem pendidikan negara ini. Beragam metode, model pembelajaran bahkan kurikulum senantiasa di revisi. Sebenarnya sangat ironis bagi Bangsa Indonesia yang sudah memiliki kestabilan ekonomi  dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi sekitar 5 sampai 6 persen, dan oleh Bank Dunia pun sudah ditetapkan sebagai negara dengan pendapatan menengah. Namun sangat disayangkan ternyata bangsa ini gagal dalam sistem pendidikannya.

Munculnya Kurikulum 2013 diharapkan mampu menjadi pendongkrak perubahan pendidikan negara ini, beragam gebrakan baru terus dimunculkan pemerintah untuk merubah peringkat ini, yang semua itu tak lepas dari adopsi negara - negara berkembang lain, seperti Jepang, Finlandia bahkan Amerika Serikat. Salah satunya seperti Pendidikan Berkarakter dan Lesson Studi.


Data pengamat pendidikan dan Komisi Perlindungan Anak 2012 di Indonesia menyebutkan terdapat lebih dari 1,8 juta anak tiap tahun tidak dapat melanjutkan pendidikan, hal ini disebabkan oleh tiga faktor, yaitu ekonomi, kerja usia dini untuk mendukung keluarga dan pernikahan di usia dini.

Kita semua berharap, semoga kurikulum 2013 membawa manfaat dan dampak positif yang signifikan. Bukan sekedar kebijakan pemerintah yang bersumber dari kepentingan pribadi yang menguntungkan beberapa pihak.

Diposting Oleh : Ismadi Putra

Ismadi Putra Anda sedang membaca artikel tentang Menaruh Harapan Besar Pada Kurikulum 2013. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi.

:: Get this widget ! ::

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan tidak mengandung spam.
Beritahukan kepada saya, jika terdapat LINK yang rusak dan TIDAK BERFUNGSI.

Temukan Saya di Facebook

Temukan Saya di Youtube

Popular Posts

Visitor Comments

Dapatkan comment widget ini di sini

Recent Posts