Kemendikbud Persiapkan 33 Ribu IN K-13

Kemendikbud mempersiapkan sebanyak 33 ribu Instruktur Nasional (IN), mereka nantinya akan dilatih sebagai Petugas Implementasi Kurikulum 2013 yang bertujuan melatih 1,3 juta guru sasaran Kurikulum 2013. Pendaftaran telah dibuka sejak 01 Januari 2014 dan akan ditutup 26 Januari mendatang. Dilanjutkan seleksi administrasi para pendaftar calon IN sampai 30 Januari. Pengumuman seleksi ini dilakukan pada 31 Januari 2014. Sebelum pelatihan Instruktur Nasional dimulai, Kemdikbud terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap guru-guru yang menjadi calon Instruktur Nasional. Mereka terdiri dari guru-guru terbaik dan berprestasi, serta mampu memberikan pelatihan dengan baik. Jadwal pelatihan calon IN yakni 3-7 Maret 2014 dan dilanjutkan pada minggu ketiga Maret dengan pelatihan guru sasaran.


Ada perbedaan dari proses rekrutmen Instruktur Nasional tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, calon IN dulu dipilih dari 6000 sekolah pilihan, sekarang calon IN dipilih dari 270 ribu sekolah yang tersebar diseluruh Indonesia. Pola rekrutmen IN dibuka secara offline dan online. Calon IN ini nantinya harus memiliki pengalaman dalam melatih dan adanya prestasi-prestasi yang telah diraihnya. Strategi dalam pelatihan IN kali ini juga dibenahi dengan memperbanyak soal model dan simulasi. Sedangkan Nara Sumber yang melatih terdiri dari komponen Guru, Dosen, Widyaiswara dan Tim Pengembang Kurikulum.
Namun program ini masih tersendat. Menurut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP) Kemendikbud, Syawal Gultom, hal ini terjadi dikarenakan jumlah pendaftar IN masih jauh dari target, hanya baru mencapai 27 ribu orang.
Data dari Kemendikbud menyebutkan 33 ribuan IN yang dibutuhkan itu terdiri dari IN SD/MI sebanyak 14.707 orang, SMP/MTs 10.107 orang, SMA/MA 5.352 orang dan SMK 2.940 orang.

Semoga Bermanfaat..
sumber : kemdikbud.go.id

Diposting Oleh : Ismadi Putra

Ismadi Putra Anda sedang membaca artikel tentang Kemendikbud Persiapkan 33 Ribu IN K-13. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi.

:: Get this widget ! ::

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan tidak mengandung spam.
Beritahukan kepada saya, jika terdapat LINK yang rusak dan TIDAK BERFUNGSI.

Temukan Saya di Facebook

Temukan Saya di Youtube

Popular Posts

Visitor Comments

Dapatkan comment widget ini di sini

Recent Posts